Pengumuman


Bila tulisan yang Anda cari tidak ada di sini, silakan kunjungi santai2008.wordpress.com

Jumat, 28 November 2008

Mengintip Kesehatan Melalui Feng Shui


Oleh: DJULIANTO SUSANTIO

(Pemerhati Seni Oriental, di Jakarta)


Banyak cara untuk mengintip suatu penyakit atau mendeteksi kesehatan seseorang. Selain yang bersifat medis, seperti melihat mata atau lidah, cara-cara nonmedis juga banyak dilakukan sejumlah ahli pengobatan alternatif. Salah satunya adalah menggunakan prinsip-prinsip feng shui.

Feng shui dipandang mampu menafsirkan adanya suatu penyakit berdasarkan angka kua yang dimiliki setiap individu. Dipercaya, orang yang lahir pada suatu masa akan memiliki energi chi buruk, lemah, mati, atau tidak menguntungkan. Chi itu berpotensi menimbulkan penyakit. Penyakit juga sering dihubungkan dengan elemen pribadi seseorang, seperti dinyatakan dalam tabel di bawah.

Angka KUAElemenHati-hati dengan penyakit
1AirGinjal, kandung kemih, empedu, tulang
2TanahUsus kecil, lambung
3KayuHati, empedu
4KayuLimpa, hati
5TanahLambung, usus besar, usus kecil, perut
6LogamParu-paru, usus besar, kulit
7LogamParu-paru, hidung
8TanahLambung, usus besar, limpa
9ApiOtak, jantung, usus kecil, pembuluh darah


Berbagai penyakit yang diderita oleh penghuni rumah bisa saja disebabkan tata letak ruang atau perabot yang tidak benar. Pintu utama yang terlalu besar, misalnya, dipandang menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan. Pintu utama adalah simbolisasi dari kepala. Secara logika memang norma feng shui tidak keliru. Pintu yang terlalu besar menyebabkan angin yang masuk juga semakin banyak.

Jangan sekali-sekali memasang tangga besi, apalagi yang berbentuk melingkar, di bagian tengah rumah. Apalagi jika berhadapan dengan pintu utama, pintu kamar tidur, atau pintu kamar mandi. Menurut feng shui, itu merupakan gejala yang tidak baik karena tangga demikian ibarat “paku yang menembus jantung”. Akibatnya bakal ada penghuni rumah yang menderita penyakit jantung atau penyakit kronis lainnya. Nah, jika ada keluarga Anda yang menderita penyakit jantung, perhatikan baik-baik di mana letak tangga besi atau tangga putar itu. Lokasi yang bagus bagi tangga putar adalah pada bagian sisi rumah.

Jangan pernah pula meletakkan kompor di dinding kamar tidur. Energi dapur yang tidak baik akan “membakar” setiap penghuni rumah. Penyakit pun akan selalu mendekati keluarga Anda. Hal yang sama terjadi kalau kamar tidur terletak di atas dapur karena kompor akan “memanggang” seluruh penghuni rumah, bukan hanya orang yang tidur di atasnya.

Jika penghuni rumah menderita penyakit sendi atau tulang, periksalah saluran air di rumah Anda. Siapa tahu rusak atau bocor. Apalagi kalau letak saluran air memotong pintu utama, akibatnya bisa fatal. Saluran air (kotor) yang baik harus terletak di bagian sisi kanan dan kiri rumah, kecuali saluran air bersih (ledeng) boleh di mana saja.

Bagian-bagian rumah yang kurang baik pun akan mengundang kedatangan penyakit. Jika bagian kiri tengah rumah Anda terlalu pengap sehingga menghasilkan energi chi buruk, kemungkinan besar Anda akan susah hamil selama bagian tersebut terabaikan.

Bukan hanya pengap, banyak udara kotor atau berdebu pun, bisa menyebabkan hal serupa. Kalau kaki Anda sering merasa pegal atau kesemutan? Mungkin bagian belakang kanan rumah Anda agak “terluka”.

Coba amati bagian mana dari rumah Anda yang rusak atau mengandung energi chi buruk. Setelah itu sesuaikan dengan ilustrasi berikut, siapa tahu ada kecocokan.

DEPAN
TanganSaluran udara/pernapasanMata
Rahim/kandunganUlu hatiMulut/kerongkongan
Pinggang/bahuKepalaKaki /selangkangan
BELAKANG

“Tian yi”

Memperoleh kesehatan yang baik merupakan hal penting yang didambakan setiap orang. Hal ini bisa dicapai dengan memahami teori feng shui yang berpangkal pada adanya energi chi yang bersifat yin (negatif) dan yang (positif) pada lingkungan dan tubuh manusia. Jika energi chi terpelihara dengan baik, maka lingkungan akan sehat.

Begitu juga tubuh manusia. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa pedoman-pedoman feng shui akan meningkatkan kesehatan seseorang. Bahkan jika menderita sakit, kita akan segera sembuh karena adanya “dokter langit” atau tian yi. Badan yang sakit diyakini merupakan perlambang ketidakseimbangan energi chi.

Metode delapan rumah feng shui menganggap keberuntungan memperoleh kesehatan yang baik sama pentingnya dengan memperoleh arah khusus, yaitu tian yi (arah kesehatan). Jika kita mengarahkan tempat tidur, pintu, dan meja ke arah tian yi kita, tidak mustahil kita akan memperoleh kesehatan yang baik, bahkan umur panjang.

Arah tian yi diperoleh berdasarkan angka pribadi yang disebut kua. Angka kua dihitung menurut tahun kelahiran seseorang (memakai kalender lunar Tiongkok, bukan kalender Masehi). Ada dua cara untuk menghitung angka kua.

Cara pertama adalah menjumlahkan dua angka terakhir dari tahun kelahiran hingga memperoleh satu digit. Kemudian 10 dikurang angka itu (untuk kua pria) dan 5 ditambah angka itu (untuk kua wanita). Misalkan Anda lahir pada 1967, maka 6 + 7 =13; 1 + 3 = 4; 10 – 4 = 6 (angka kua untuk pria adalah 6). Atau 6 + 7 = 13; 1 + 3 = 4; 5 + 4 = 9 (angka kua untuk wanita adalah 9).

Cara kedua adalah 100 dikurang tahun kelahiran, hasilnya dibagi 9. Sisanya adalah kua untuk pria. Untuk wanita, tahun kelahiran dikurang 4, hasilnya dibagi 9. Sisanya adalah angka kua. Bila sisanya adalah 0, maka dianggap 9. Bila di bawah 9, maka bilangan itu sendiri adalah angka kua.

Penjabarannya demikian (lahir pada 1967): 100 – 67 = 33; 33 : 9 = 3 sisa 6. Maka angka kua seorang pria adalah 6. Bila wanita, 67 – 4 = 63; 63 : 9 = 7 sisa 0. Maka angka kua seorang wanita adalah 9. Khusus yang dilahirkan pada 2000 dan sesudahnya, hitungannya agak berbeda. Bila pria, 99 dikurang tahun kelahiran, lalu dibagi 9. Sisanya adalah angka kua. Bila wanita, tahun kelahiran ditambah 6, lalu dibagi 9. Sisanya adalah angka kua.

Contohnya seseorang lahir pada 2001. Bila pria, 99 – 01 = 98; 98 : 9 = 10 sisa 8 (angka kua 8). Bila wanita, 01 + 6 = 7. Karena tidak bisa dibagi 9, maka angka kua adalah 7. Pilih cara yang terbaik atau termudah menurut anggapan Anda dalam menghitung angka kua.

Para pakar feng shui berhasil menetapkan tabel angka kua dan arah tian yi seseorang, sebagaimana terlihat di bawah ini.

Tabel Angka KUA dan Arah Tian Yi

ANGKA KUAArah Tian Yi
1Timur
2Barat
3 Utara
4Selatan
6Timur Laut
7Barat Daya
8Barat Laut
9Tenggara


Kua 5 menjadi 2 untuk PRIA dan menjadi 8 untuk WANITA

Periksalah tabel di atas untuk menentukan arah terbaik bagi kesehatan keluarga Anda. Cobalah menghadap pada arah ini, misalnya tidur di lokasi tian yi, tidur dengan kepala menghadap arah tian yi, atau tidur pada kamar yang posisi pintunya menghadap arah tian yi. Kita tidak perlu melakukan ketiganya sekaligus, cukup satu saja. Pilih yang terbaik atau termudah dilakukan.

Bukanlah suatu paksaan apabila Anda harus mengikuti aturan feng shui. Jika ingin selalu sehat, apa salahnya berpedoman pada prinsip itu.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feng Shui Bintang Terbang

Ramal Jodoh

Kelahiran Anda

Petunjuk Zodiak

Chinese Calendar

Numerologi

KONTAK PENULIS

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):

Alamat IP Anda

IP