Pengumuman


Bila tulisan yang Anda cari tidak ada di sini, silakan kunjungi santai2008.wordpress.com

Jumat, 28 November 2008

Hoki Berdasarkan Data Kelahiran


Oleh: DJULIANTO SUSANTIO

(Pemerhati Seni Oriental, di Jakarta)


Saya lahir tanggal, bulan, tahun, dan jam sekian. Apa pekerjaan yang sesuai dan bagaimana peruntungan saya. Begitu tanya seorang calon sarjana dalam sebuah acara talk show di sebuah stasiun televisi.

Atau simak juga sebuah rubrik konsultasi di sebuah media cetak ibukota berikut, “Saya kelahiran sekian, saat ini sedang bingung karena dalam kehidupan saya ada dua laki-laki. Mana yang lebih cocok untuk saya”.

Jelas, di mata seorang pembaca nasib, peramal, konsultan feng shui, atau apapun namanya, data kelahiran begitu penting. Data yang sangat individual ini ternyata mampu mengungkapkan banyak hal, seperti kepribadian, peruntungan, hubungan kekeluargaan, dan masalah kehidupan lainnya.

Banyak bangsa sejak berabad-abad lampau, memanfaatkan data kelahiran untuk melihat potensi diri seseorang, baik untuk masa kini maupun untuk masa mendatang. Masyarakat kuno percaya, jika “bintang baik” dapat diperkirakan atau diketahui, maka kejadian penting seperti kelangsungan hidup dan kemakmuran akan berjalan dengan aman. Sebaliknya, jika datang “bintang buruk”, maka hal tersebut harus benar-benar dijauhi.

Dari berbagai bentuk peramalan melalui data kelahiran, beberapa di antaranya telah mencapai popularitas tinggi karena tingkat akurasinya. Dari peninggalan Tiongkok purba, orang mengenal Ba Zi dan Zi Wei Dou Shu (sering disingkat Zi Wei). Dari Yunani, orang mengenal Astrologi. Selain itu, orang mengenal Numerologi, yang tempat asalnya masih diperdebatkan.


Ba Zi

Seni ramalan Tiongkok yang paling populer adalah Ba Zi atau Delapan Karakter. Di dunia Barat, ramalan ini dikenal sebagai Empat Pilar. Perhitungan Ba Zi didasarkan pada dua segmen, yakni Batang Langit (lima elemen yin dan yang) dan Cabang Bumi (12 shio) dari data kelahiran (tanggal, bulan, tahun, dan jam, dengan catatan data jam tidak mutlak) sehingga membentuk delapan karakter. Yin adalah energi negatif, yang adalah energi positif, dan shio adalah lambang zodiak hewan.

Data kelahiran itu “diterjemahkan” menggunakan Kalender Hsia (kalender solar). Hasilnya digambarkan dalam bentuk lima elemen, yakni kayu, api, tanah, logam, dan air berikut energi yin dan yang. Setelah itu dicari pergerakan musim saat ybs lahir sesuai musim-musim yang ada di Tiongkok, yaitu semi, gugur, panas, dan dingin.

Misalkan seorang anak lahir pada 1 Maret 2003, maka dia mempunyai pilar hari (tanggal) air yin pada Batang Langit dan shio ayam pada Cabang Bumi. Berarti elemen dirinya adalah air yin atau air negatif. Kemudian bulan kelahirannya dilihat untuk mengetahui musim apa saat itu. Dari situ diketahui apakah dia air negatif yang lemah ataukah kuat.

Jika air negatif lemah, maka dia harus diperkuat dengan elemen air atau logam sesuai siklus menguntungkan. Jangan dengan api karena saling bertentangan. Sebaliknya, jika dia air negatif kuat, dia harus diperlemah dengan elemen api atau tanah sesuai siklus merugikan.

Hubungan antarelemen inilah yang dianalisis seorang ahli Ba Zi. Ditambah dengan adanya Periode Keberuntungan setiap sepuluh tahun, maka dapat diramalkan bilamana kejadian-kejadian baik dan buruk dari aspek hubungan keluarga, karakter, karir, usaha, kesehatan, kesejahteraan, dan masih banyak lagi.

Manfaat terbesar dari analisis Ba Zi adalah seseorang dapat menyelidiki potensi dan misteri yang melingkupinya. Melalui perhitungan Ba Zi pun dapat diketahui perputaran siklus nasib pada berbagai aspek penting kehidupan manusia. Dengan demikian, meskipun tidak mungkin menghindar dari berbagai masalah yang dihadapi, dia dapat memilih jalan atau langkah yang paling sesuai untuk meminimalisasi efek buruk yang bakal terjadi itu.


Zi Wei

Zi Wei disebut Ramalan Bintang Ungu. Seperti halnya Ba Zi, Zi Wei mempelajari tentang keberuntungan langit dan keberuntungan manusia. Menurut bangsa Tiongkok, manusia memiliki tiga keberuntungan, yakni keberuntungan langit, keberuntungan bumi, dan keberuntungan manusia. Jika keberuntungan langit atau keberuntungan manusianya jelek, maka hal itu bisa diperbaiki melalui keberuntungan bumi atau feng shui, yakni pengetahuan tentang tata letak bangunan dan interior.

Zi Wei juga mendasarkan analisisnya pada lima elemen yin-yang, konfigurasi bintang-bintang yang berjumlah lebih dari 100 dengan bintang utama Zi Wei, dan Kalender Imlek (kalender lunar).

Sebenarnya, keakuratan Zi Wei tidak kalah dengan Ba Zi. Bahkan, untuk hal-hal kecil dimana Ba Zi tidak mudah memberitahukannya, Zi Wei dapat mengisi kekurangan ini. Untuk mengetahui sifat, cinta, dan perkawinan Zi Wei dinilai memiliki kelebihan tersendiri.

Namun dalam perkembangannya, teknik-teknik peramalan Ba Zi menjadi lebih populer ketimbang Zi Wei karena dianggap lebih dinamis, logis, revolusioner, dan menantang. Bahkan, dari generasi ke generasi Ba Zi selalu disempurnakan. Konon, tingkat akurasi Ba Zi dan Zi Wei mencapai di atas 90 persen. Ini sangat tergantung kepiawaian sang analis.


Astrologi

Astrologi mudah dikenali lewat rubrik Bintang Anda, Ramalan Bintang, dsb pada berbagai media cetak. Astrologi populer cukup digemari orang awam, meskipun lebih bersifat hiburan. Dengan membagi karakter manusia menjadi 12 jenis kepribadian, dari Aries hingga Pisces, maka orang akan mengetahui kesehatan, karir, atau jodoh secara singkat.

Sesungguhnya, astrologi jauh lebih kompleks daripada itu karena astrologi populer hanya mendasarkan analisisnya pada pergerakan matahari. Astrologi yang menghiasi kolom-kolom horoskop pada media cetak itu tak lain hanyalah Astrologi Tanda Matahari.

Padahal, sudah merupakan kesepakatan bahwa selain matahari dan bulan (dalam astrologi dianggap sebagai planet), dikenal pula delapan planet lain, yakni Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Dengan demikian ada 10 planet astrologi yang bergerak mengelilingi bumi dalam jangka waktu berbeda-beda.

Matahari, misalnya, mengelilingi ke-12 zodiak dalam waktu setahun atau singgah di setiap zodiak selama satu bulan. Namun Pluto membutuhkan waktu 248 tahun untuk mengelilingi ke-12 zodiak itu atau bermukim di setiap zodiak selama 13-32 tahun.

Tiap planet diyakini mempengaruhi kehidupan seseorang. Karena itu peta kelahiran seseorang harus diisi oleh ke-10 planet. Ketidakmunculan atau kemunculan planet pada tanda zodiak mempunyai arti tertentu. Begitu pula banyaknya planet yang hadir pada satu tanda zodiak. Astrologi modern lebih sering digunakan untuk menilai kepribadian dan potensi ketimbang meramal peristiwa khusus di masa mendatang.

Peta astrologi yang lengkap meliputi posisi relatif dari 10 planet, 12 rumah, dan 12 tanda zodiak. Semuanya digambar dalam bentuk lingkaran. Lingkaran kecil di tengah mewakili bumi, dikelilingi rumah-rumah yang diberi nomor 1-12. Peta itu dibangun dengan membagi tiap rumah sama besar, yakni 30 derajat.

Garis horisontal dibuat melintasi peta. Di bawah garis itu mulai dari kiri berputar berlawanan dengan arah jarum jam, terletak rumah 1-12. Garis potong pada rumah ke-1 selalu pada posisi ascendant, dikenal sebagai bintang pendamping.

Jika peta kelahiran sudah dapat ditentukan, maka tahap berikutnya adalah penganalisisan. Posisi planet dan rumah itulah yang menyebabkan setiap individu begitu unik. Jadi, misalnya, meskipun sama-sama berbintang Cancer, belum tentu antara dua individu mempunyai kesamaan sifat. Bisa saja yang satu memiliki Mars di tanda zodiak Aries dan rumah ke-3, satunya lagi memiliki Mars di tanda zodiak Gemini dan rumah ke-9.


Numerologi

Numerologi dianggap sebagai bentuk tertua dari ilmu nujum. Sulit untuk melacak asal mula numerologi. Namun berbagai masyarakat kuno seperti Babylonia dan Mesir sudah mengenal teori nujum dengan angka-angka.

Meskipun ada beberapa variasi antara sistem numerologi di berbagai negara, namun sebagian besar mendasarkan perhitungannya pada teori matematika Yunani. Pythagoras yang terkenal dengan rumus-rumus matematika percaya bahwa seluruh alam raya ini dihitung secara matematis. Semuanya pun dapat diekspresikan dengan angka-angka, termasuk huruf-huruf dalam nama, yang merupakan kunci alam raya ini.

Numerologi juga dikenal sebagai numeromancy atau arithomancy. Dasar numerologi merupakan kepercayaan bahwa angka-angka primer (1 hingga 9) mempunyai pengaruh terhadap segala segi kehidupan dan kepribadian seseorang. Karena itu setiap orang mempunyai angka nasib dan angka kepribadian masing-masing.

Sebagian ahli numerologi menyertakan pula angka sekunder 11, 12, 13, 22, dan 40. Biasanya angka sekunder hanya dihitung sebagai informasi tambahan atau untuk menambah dimensi pada penafsiran angka primer.

Ba Zi, Zi Wei, Astrologi, dan Numerologi dipercaya mampu menunjukkan hoki seseorang. Hanya cara meningkatkan hoki tergantung pada masing-masing individu. Ramalan, tentu saja penting untuk pegangan hidup. Terbukti acara atau rubrik sejenis di media cetak dan media elektronik tak pernah kunjung surut. Namun, baik buruknya nasib tentu saja bukan tergantung pada ramalan. Semuanya harus bertumpu pada diri kita sendiri. Artinya, kita harus rajin, ulet, berbuat baik, dsb.***

1 komentar:

  1. Saya pria kelahiran 17 november 1977, saat ini saya usaha makanan. Apakah usaha tersebut cocok dengan saya, jika cocok sebaiknya, arah mata anginnya menuju ke arah mana?

    BalasHapus

Feng Shui Bintang Terbang

Ramal Jodoh

Kelahiran Anda

Petunjuk Zodiak

Chinese Calendar

Numerologi

KONTAK PENULIS

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):

Alamat IP Anda

IP