Pengumuman


Bila tulisan yang Anda cari tidak ada di sini, silakan kunjungi santai2008.wordpress.com

Rabu, 24 Februari 2010

Angka-angka Hoki


Oleh: Djulianto Susantio


Perhelatan cabang olahraga multievent terbesar di dunia, Olimpiade Beijing, dibuka dengan resmi pada 8 Agustus 2008 pukul 8 malam. Bahkan ditambah embel-embel lebih 8 menit dan 8 detik. Tentu bukanlah tanpa alasan jika panitia memilih waktu tersebut yang kalau “diterjemahkan” menjadi 08-08-08 pukul 08:08:08. Jelas sekali, sederetan angka 8 terdapat di dalamnya.

Sejak lama memang masyarakat Tiongkok percaya bahwa 8 adalah angka hoki yang paling super. Karena itulah tentunya panitia mengharapkan keberuntungan yang super besar dari penyelenggaraan olimpiade kali ini. Merebut medali emas dan meraih laba finansial sebanyak-banyaknya, mungkin merupakan harapan yang paling ditunggu-tunggu. Dan ternyata memang benar, kontingen Tiongkok untuk pertama kalinya menjadi yang paling hebat sejagat raya. Selain merebut medali emas terbanyak, kontingen Tiongkok juga mengalahkan dua langganan jawara Olimpiade, yakni AS dan Rusia.

Di Tiongkok dan juga Taiwan, Hongkong, Singapura, serta negara yang memiliki etnis Tionghoa banyak, pemakaian angka 8 memang sangat populer. Konon dalam dialek Kanton, penyebutan angka 8 seperti phat yang bermakna “pertumbuhan yang makmur” atau kekayaan. Siapa sih orang yang tidak mau kaya?

Sering kali angka 8 digunakan untuk nomor mobil, nomor rekening bank, nomor kartu kredit, nomor rumah, nomor telepon, dan nomor-nomor lain yang dipandang penting buat pemiliknya. Untuk memperoleh “tuah”, biasanya angka 8 harus ada pada bagian akhir. Sangat baik bila berupa angka tunggal. Jika angka itu diawali dengan 6, 7, 8, dan 9, maka keberuntungan dianggap ganda.

Karena dianggap angka yang sangat menguntungkan, maka segelintir masyarakat Tionghoa berani membayar tinggi untuk memperoleh angka itu. Tahun 2002 lalu, misalnya, seorang taipan Hongkong pernah harus mengeluarkan jutaan dollar demi mendapatkan angka keramat itu untuk plat nomor mobilnya. Jelas, betapa angka 8 dianggap sebagai angka yang benar-benar keramat.

Tak urung, apartemen tingkat delapan ikut memperoleh dampaknya. Begitu pula ruang perkantoran atau fasilitas properti lainnya. Jangan heran kalau sejumlah pengembang sengaja memasang tarif lebih tinggi untuk hal-hal yang “berbau” 8.

Sulit dijelaskan secara ilmiah mengapa masyarakat Tionghoa sungguh percaya kepada angka 8. Mungkin karena alasan kepercayaan nenek moyang, tapi mungkin juga ada alasan psikologisnya.

Secara sadar atau tidak sadar, memang orang selalu berusaha mencari sesuatu agar memperoleh “nilai lebih”. Nilai tersebut mereka representasikan dalam angka. Alasan pemilihan angka 8 bisa digambarkan demikian.

Pertama, masyarakat Tionghoa selalu menghindari tiga angka di ujung. Karena itu dari sepuluh bilangan pertama (1 hingga 10), mereka meninggalkan angka 1, 2, dan 3. Jadi angka yang tersisa adalah 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 10.

Kedua, mereka juga menghindari angka ganjil karena dianggap angka sial. Dengan demikian yang tersisa adalah angka-angka genap 4, 6, 8, dan 10.

Ketiga, dari keempat angka itu yang dianggap paling bagus adalah angka 4 dan 8 karena merupakan kelipatan 2. Tentu kita tahu dalam matematika 4 adalah 2 pangkat 2 dan 8 adalah 2 pangkat 3.

Keempat, dari kedua angka itu yang lebih dekat ke tengah (dari 4 hingga 10) adalah 8. Maka 8 terus dianggap sebagai angka favorit hingga kini (Tong Sing, 2001).

Selain itu, menurut kalangan Tionghoa lainnya, angka 8 memiliki guratan garis yang tidak terputus. Ini dianggap merupakan simbolisasi rezeki yang sambung-menyambung tiada hentinya.

Angka 8 juga dipuja karena mewakili delapan dewa penjaga arah mata angin. Memang kenyataannya sampai sekarang masyarakat di segala penjuru dunia menggunakan delapan arah mata angin utama, yakni Utara, Barat Daya, Timur, Tenggara, Selatan, Timur Laut, Barat, dan Barat Laut. Sementara menurut numerologi Lo-shu dalam feng shui, 8 adalah angka kaya yang berarti kemakmuran di masa yang akan datang. Apalagi secara teori feng shui, tahun 2004 hingga 2023 termasuk dalam periode 8. Jadi kloplah kalau Olimpiade Beijing memiliki angka serba 8.

Sampai sekarang mitos angka 8 masih tetap populer. Coba saja Anda berbelanja di pasar swalayan, superstore, atau hypermall di negara-negara yang mayoritas warganya adalah etnis Tionghoa, maka harga-harga yang tertera selalu berakhiran angka 8, misalnya S$26,88 atau H$68,88. Pokoknya ada atau tidaknya uang kembalian, yang penting ada angka 8-nya.

Kita pun ikut-ikutan. Buktinya ada Densus 88 dan Restoran Chinese Food berlabel 68. Jangan heran, banyak warga masyarakat di negara kita—dan juga belahan bumi lain—yang memesan tanggal 8-8-8 sebagai hari akad nikah dan kelahiran putra-putri mereka. Terlebih saat itu jatuh pada hari Jumat yang dianggap hari baik. Menurut berita-berita di media cetak dan media elektronik, rumah bersalin, kantor urusan agama, dan catatan sipil pada 8-8-8 itu kebanjiran peminat. Jauh lebih banyak dari hari-hari biasanya.


Angka 9

Angka lain yang dipandang membawa hoki adalah 9. Kepercayaan akan tuah angka 9 banyak dianut masyarakat Indonesia. Coba saja perhatikan label-label harga pada pasar swalayan, perkulakan, dan sejenisnya. Boleh dikatakan, mereka tidak pernah memasang harga bulat, misalnya Rp 100.000. Agar terkesan murah, justru mereka mencantumkannya dengan Rp 99.900. Yang lebih istimewa, banyak pula yang melabeli barang dengan Rp 99.990. Deretan angka 9 seperti inilah yang dianggap membawa hoki.

Logikanya, dengan membayar Rp 100.000, si pembeli tidak mungkin meminta uang kembalian Rp 100 atau Rp 10. Bila diakumulasi selama setahun, misalnya, maka jumlah “tabungan” si penjual menjadi banyak. Ini tentu berkat hoki angka 9 itu.

Dalam astrologi Tiongkok, angka 9 yang merupakan angka tertinggi dari bilangan asli juga dianggap mewakili kemakmuran yang terus berlangsung sampai ke masa yang akan datang. Angka 9 juga menyimbolkan kesempurnaan langit dan bumi. Ini karena angka berapa pun yang dikalikan dengan 9, hasil akhirnya (jika dijadikan satu digit) tetap 9.

Perhatikan saja bilangan berikut: 6 x 9 = 54 (5 + 4 = 9) atau 127 x 9 = 1143 (1 + 1 + 4 + 3 = 9). Begitu pun sederetan angka yang banyak: 354.276 x 9 = 3.188.484 (3 + 1 + 8 + 8 + 4 + 4 = 36, lalu 3 + 6 = 9).

Dalam dialek Hokkian, 9 disebut kau. Bunyi kau mirip kao dalam bahasa Mandarin yang berarti “tinggi”. Dengan demikian orang mengharapkan rezeki tinggi dari angka ini. Di negara kita, angka 9 dianggap keramat oleh masyarakat Bali dan Islam. Ini tergambar dari adanya istilah nawahsanga, yaitu 8 dewa penjuru mata angin ditambah 1 dewa di pusat serta walisanga atau wali sembilan.

Angka 9 pun selalu dikaitkan dengan lubang kehidupan yang ada pada tubuh manusia, yakni mata (ada 2), telinga (2), lubang hidung (2), mulut (1), dubur (1), dan alat kelamin (1).

Angka hoki berikutnya adalah 7. Banyak pihak menghubungkan angka 7 dengan angka Tuhan karena jumlah hari ada 7. Konon, di akhirat ada langit lapis ke-7 dan pasti kita tahu kalau seluruh warna pelangi berjumlah 7.

Kepopuleran angka 7 semakin menjadi-jadi ketika orang yang sedang sakit kepala hampir selalu bilang, “gua lagi pusing 7 keliling” atau rayuan gombal yang mengatakan “demi cintaku, 7 lautan akan kuseberangi dan 7 gunung akan kudaki”. Ingat vitamin penambah tenaga, bukan? Namanya seven seas (7 lautan) atau orang kita sering menyebutnya minyak ikan.

Keunikan lain adalah bila dibentuk pecahan, maka unsur-unsur yang ada tetap sama. Coba simak pecahan-pecahan berikut:

  • 1/7 = 0,142857
  • 2/7 = 0,285714
  • 3/7 = 0,428571
  • 4/7 = 0,571428
  • 5/7 = 0,714285
  • 6/7 = 0,857142

Unsur-unsur yang sama tersebut adalah 1, 2, 4, 5, 7, dan 8. Uniknya lagi kalau angka-angka itu dijumlahkan, hasilnya adalah 27 (2 + 7 = 9).

Karena dianggap bertuah, maka angka 7 sering dipakai untuk semboyan atau slogan, seperti Sapta Prasetya Korpri, Sapta Pesona, atau Sapta Marga (Sapta = 7). Nah, percayakah Anda kepada angka-angka hoki 7, 8, dan 9 itu?


Angka 0

Bila guru matematika mengajukan pertanyaan begini, “Ibu memiliki 3 buah kue. Diberikan kepada adik 1 buah, lalu kepada kakak 2 buah. Berapa sisa kue ibu?” Pasti murid-murid menjawab, “Sisa kue ibu adalah 3 buah – 1 buah – 2 buah = 0 buah”.

Dari sini kita tahu apa arti bilangan 0. Dengan kata lain, bilangan 0 menyatakan “tidak ada”. Begitu pula, kalau nilai seorang murid adalah 0. Berarti dia tidak mendapat nilai apa-apa alias jeblok, kan?

Dalam matematika, bilangan 0 ternyata memiliki banyak makna. Bisa dilihat demikian, seberapa pun banyaknya bilangan 0, bila dijumlahkan hasilnya tetap 0. Ini contohnya: 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 = 0. Selain itu, bila bilangan 0 dibagi dengan bilangan berapa pun, hasil akhirnya juga tetap 0, misalnya 0 : 1, 0 : 10, 0 : 100, dst. Sama halnya dengan bilangan berapa pun yang dikalikan 0, hasilnya ya tetap 0. Coba saja hitung: (21 x 52) + (1392 + 2134) – (3000 : 12) x 0. Berapa hasilnya? Tanpa susah payah menghitung, pasti kita akan menjawab 0.

Namun rupanya ada sedikit kekecualian, bilangan berapa pun yang dibagi 0, hasilnya bukan 0 tetapi tak terhingga. Hal ini sudah menjadi patokan dalam matematika. Jelas, bilangan 0 mempunyai pengaruh sangat besar, bukan sekadar “tidak ada”.

Buat murid SD, memang bilangan 0 berarti “tidak ada”. Tapi bagi murid SMP, bilangan 0 bisa berarti “permulaan”. Contohnya dalam garis bilangan. Di sebelah kanan bilangan 0, garis bilangan berunsur positif (plus), misalnya 1, 2, 3, dst (tanda + tidak perlu ditulis). Sebaliknya, di sebelah kiri bilangan 0, bermakna negatif (minus), misalnya -1, -2, -3, dst.

Di dalam penghitungan matematika, bilangan 0 memang memainkan peranan sangat penting. Begitu juga di dalam komputer elektronik, fungsi 0 lebih besar lagi. Ini mengingat komputer elektronik menggunakan sistem biner atau sistem bilangan dengan dasar dua. Artinya, sistem ini hanya menggunakan dua angka, yakni 0 dan 1. Seluruh angkanya terbentuk dari kedua bilangan dasar itu.

Di dalam sistem ini, bilangan 100 dalam sistem desimal, harus ditulis 1100100. Memang terlalu rumit, tapi cara pencatatan bilangan sistem biner sangat berguna karena komputer elektronik tidak mempunyai tangan dan 10 jari. Dia hanya bisa mengenal dua macam keadaan, yaitu “berlistrik” (1) dan “tidak berlistrik” (0).

Namun, di dalam ilmu-ilmu lain, bilangan 0 bukan berarti “tidak ada”. Jika dikatakan suhunya adalah 0 derajat Celcius, tentu bukan berarti tidak ada suhunya. Dalam hal ini bilangan 0 menunjukkan titik beku es.

Uniknya, angka 0 tidak ditemukan dalam angka Romawi, berbeda dengan angka Arab seperti yang kita kenal sekarang, yakni dari 0 hingga 9. Angka Romawi hanya berjumlah 7 buah, yaitu I (mewakili 1), V (5), X (10), L (50), C (100), D (500), dan M (1000).

Pada abad ke-5, Sri Paus Romawi yang sangat konservatif menganggap angka Romawi sudah cukup untuk mencatat segala bilangan. Maka beliau melarang semua orang menggunakan angka 0.

DJULIANTO SUSANTIO
Pemerhati Seni Oriental, tinggal di Jakarta


20 komentar:

  1. tulisan yang bagus ko Djuli..
    lumayan bisa nambah pengetahuan..

    ini w ada nomor hoki
    0852 9790 5758 (JualanLu Maju Mapan)
    klo ada yang berminat,
    hubungi : Joni (0819 7313 2622)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANGKA RAMALAN JITU DAN AKURAT SGP / HKG HASIL RITUAL YANG BISA ANDA MENANGKAN HARI INI HUB NO =085=213=703=488 KY JOKO , Anda cukup mendaftar dengan biaya 100 ribu Contoh format nama dan kirim pulsa 100 ribu ke nomor 0852-1370-3488 sebagai biaya ritual untuk di belikan peralatan sesajen seperti : KEMBANG,KEMENYANG,PISANG DAN TELUR AYAM KAMPUNG. Setelah biaya di kirim maka KY JOKO akan membantu anda dengan ritual ghoib. Biaya yang anda keluarkan tidak sebanding dengan angka hasil ritual yang di berikan kepada anda semua.tapi ingat setelah tembus sisihkan sedikit buat yang memerlukan biar berkah. DAPATKAN SEKARANG JUGA ANGKA TEMBUS KY JOKO Call / Sms 0852-1370-3488 !!!, karena Kemenangan Anda Adalah Tujuan Utama Kami, thank,s roomnya

      Hapus
    2. JIKA ANDA INGIN MENDAPATKAN KEMENANGAN DAN KESUKSESAN YANG LEBIH MENJAMIN MAKA JANGAN KHAWATIR CUKUP ANDA BERGABUNG LANGSUNG DGN AHLI JITU KITA DI 085 342 906 547,BERSAMA KY BRAMA PATI SEMUA PERSOALAN YG MEMBEBANI ANDA BAKAL TERSELESAIKAN DGN MUDAH








      JIKA ANDA INGIN MENDAPATKAN KEMENANGAN DAN KESUKSESAN YANG LEBIH MENJAMIN MAKA JANGAN KHAWATIR CUKUP ANDA BERGABUNG LANGSUNG DGN AHLI JITU KITA DI 085 342 906 547,BERSAMA KY BRAMA PATI SEMUA PERSOALAN YG MEMBEBANI ANDA BAKAL TERSELESAIKAN DGN MUDAH













      JIKA ANDA INGIN MENDAPATKAN KEMENANGAN DAN KESUKSESAN YANG LEBIH MENJAMIN MAKA JANGAN KHAWATIR CUKUP ANDA BERGABUNG LANGSUNG DGN AHLI JITU KITA DI 085 342 906 547,BERSAMA KY BRAMA PATI SEMUA PERSOALAN YG MEMBEBANI ANDA BAKAL TERSELESAIKAN DGN MUDAH



      Hapus
    3. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. ANGKAH KE BERUNGTUNGAN ANDA ADA di sini,
    =======================================

    (1)
    Dalam permainan TOGEL,,,,,,???
    Semuanya ingin Menang untuk menang anda harus acak 100 angka
    Hanya 2 sampai 4 angka yang akan keluar dan anda cari
    untuk mengetahiunya hanya anda yang jenius saja yang akan tau betul tidak,,,,,???
    itu pun kalau perkiraan/prediksi anda tepat,
    ============================================
    (2)
    Kalau perkiraan/prediksi anda benar maka anda akan,
    Sangat gembira dapat hadiah dari bandar,,,,,,,,,,!!!
    Tapi jika perkiraan/prediksi anda salah
    maka anda akan kecewa, tapi itu biasa
    Semaking anda kalah bermain TOGEL maka anda akan semaking penasarang
    betul tidak,,,,,,,,???
    ======================
    (3)
    Saya sudah bertahun-tahun bermain TOGEL
    Saya sudah jerah kalah tapi saya tidak berhenti
    Barang berharga sudah saya jual semua untuk main TOGEL
    Dan akhirnya saya putuskan untuk minta bantuan sama
    para normal/dukun tapi hasilnya tidak akurat 100%
    Hanya KI BAYU REKSO lah yang paling top,
    Sudah banyak yang telah menbuktikan angka ritual
    KI BAYU REKSO memang betul-betul terjamin JP tembus,
    Untuk itu saya selaku member beliu yang sudah sukses berkat bantuannya
    Menpromosikan beliu untuk menbalas kebaikannya sama saya,
    Kalau ada yang berminat untuk bergabung seperti saya
    Jadi membernya monggo silahkan anda lansung
    Hub di/KLIK bawa ini,,,,,
    DI NOMOR (085322013277) """KI BAYU REKSO"""



    Tapi anda baru akan di kasi angkanya
    Setelah anda mendaftar jadi member beliu,
    Untuk info pendaftarannya silahkan anda tanya lansung
    Mohon maaf bagi yang tidak melaksanakan persyaratan
    Sekian terima kasih, tumpangannya sob semoga beruntung,,,,,???




































    BalasHapus
  3. ASS WRB...
    DENGAN RASA HORMAT DAN UCAPAN RASA SUKUR SAYA KEPADA TUHAN YANG MAHA KUASA SERTA UCAPAN TERIHMAH KASIH SAYA YANG SEDALAM DALAMNYA BUAT KI AKI JAGAD SAKTI ATAS BANTUAN ANGKA GHOIB MALAN INI ANGKA GHOIB 8195 SINGPORA BENAR -BENAR TEMBUS DAN SAYA BERHASIL MENANG 200 LEMBAR SAYA DAPAT BLT 500 JUTA DARI BANDAR TOGEL ,DENGAN MELALUI MEDIA INTERNET SAYA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN KI JAGAD SAKTI DAN SEKIRANYA BAGI ANDA YANG INGIN MENANG TOGEL SEPERTI SAYA SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG KI JAGAD SAKTI DI NOMOR TELPON 081242869624 ATAU SILAHKAN ANDA KUNJUGI Web.http://dukunsaktiterpecayadindonesia.blogspot.com
    SAYA IBU HJ.NORMASARI MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH

    BalasHapus
  4. JUAL TUYUL ANAK BUTA KELLING
    JUAL TUYUL ANAK BUTA KELLING - HUBUNGI KAMI DI NO HP. – 082-369-439-555
    atas nama KI ARIB WIDODO anda butuh pasugihan adopsi tuyul hub segera di no 082-369-439-555





    assalamualaikum wr, wb.KI saya:PAK JOKO .dan SEKELUARGA mengucapkan banyak2
    terimakasih kepada KI ARIB WIDODO atas angka togel yang di
    berikan “4D” alhamdulillah ternyata itu benar2 jebol dan berkat
    bantuan KI ARIB WIDODO saya bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya yang
    ada di BANK dan bukan hanya itu KI alhamdulillah sekarang saya
    sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya
    sehari2. itu semua berkat bantuan KI ARIB WIDODO sekali lagi makasih banyak
    yah KI … yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi KI ARIB WIDODO di
    nomor: (((_082-369-439-555_)))
    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri….
    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!
    1″Dikejar-kejar hutang
    2″Selaluh kalah dalam bermain togel
    3″Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
    4″Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
    5″Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..
    Solusi yang tepat jangan anda putus aza…KI ARIB WIDODO akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D_3D_4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin 100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: KI ARIB WIDODO DI NO: (((_082-369-439-555_)))
    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
    angka GHOIB; malaysia
    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
    angka GHOIB; laos

    BalasHapus
  5. Assalamuaikum..!!!
    Kami sekeluarga mengucapkan banyak terimakasih
    kepada aki balapati atas bantuannya saya menang togel
    yang 3x nya ,pekerjaan saya sehari-harinya cuma menjual mainan
    yang pendapatannya tidak seberapa,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup
    apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya….
    suatu hari saya tidak sengaja mendengar pembicaraan teman saya mengenai
    prediksi aki balapati yang katanya bisa mengeluarkan
    angka togel yang di jamin tembus,akhirnya
    saya bertanya kepada teman saya, dan teman saya memberikan nomor aki balapati
    dan saya pun menghubunginya..?? Berkat bantuan aki balapati yang
    telah memberikan anka “GHOIB” nya 4D dan alhamdulillah itu
    ternyata terbukti. lagi…sekarang anak saya bisa lanjut sekolah lagi
    itu semua atas berkat bantuan aki balapati,bagi anda yang penggemar togel
    ingin merubah nasib melalui angka2 goip yang di jamin 100% kemenangan hbg aki balapati
    di nmr;_0_8_5_3_9_2_3_3_2_8_8_8_, ini bukti nyata bukan rekayasa,mana ada
    kemenangan tanpa keberanian dan kejujuran,saatnya kita perlu bukti
    bukan sekedar janji2, Sudah banyak pranormal di internet yang saya hubungi tidak ada satu pun yang membawakan Hasil malah hutan tambah numpuk..
    hanya aki balapati yang bisa menjamin 100% kesuksesan,
    anda perlu bukti hbg sekarang aki balapati nya,terima kasih










































    Assalamuaikum..!!!
    Kami sekeluarga mengucapkan banyak terimakasih
    kepada aki balapati atas bantuannya saya menang togel
    yang 3x nya ,pekerjaan saya sehari-harinya cuma menjual mainan
    yang pendapatannya tidak seberapa,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup
    apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya….
    suatu hari saya tidak sengaja mendengar pembicaraan teman saya mengenai
    prediksi aki balapati yang katanya bisa mengeluarkan
    angka togel yang di jamin tembus,akhirnya
    saya bertanya kepada teman saya, dan teman saya memberikan nomor aki balapati
    dan saya pun menghubunginya..?? Berkat bantuan aki balapati yang
    telah memberikan anka “GHOIB” nya 4D dan alhamdulillah itu
    ternyata terbukti. lagi…sekarang anak saya bisa lanjut sekolah lagi
    itu semua atas berkat bantuan aki balapati,bagi anda yang penggemar togel
    ingin merubah nasib melalui angka2 goip yang di jamin 100% kemenangan hbg aki balapati
    di nmr;_0_8_5_3_9_2_3_3_2_8_8_8_, ini bukti nyata bukan rekayasa,mana ada
    kemenangan tanpa keberanian dan kejujuran,saatnya kita perlu bukti
    bukan sekedar janji2, Sudah banyak pranormal di internet yang saya hubungi tidak ada satu pun yang membawakan Hasil malah hutan tambah numpuk..
    hanya aki balapati yang bisa menjamin 100% kesuksesan,
    anda perlu bukti hbg sekarang aki balapati nya,terima kasih






















































    BalasHapus
  6. Assalamuaikum..!!!
    Kami sekeluarga mengucapkan banyak terimakasih
    kepada aki balapati atas bantuannya saya menang togel
    yang 3x nya ,pekerjaan saya sehari-harinya cuma menjual mainan
    yang pendapatannya tidak seberapa,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup
    apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya….
    suatu hari saya tidak sengaja mendengar pembicaraan teman saya mengenai
    prediksi aki balapati yang katanya bisa mengeluarkan
    angka togel yang di jamin tembus,akhirnya
    saya bertanya kepada teman saya, dan teman saya memberikan nomor aki balapati
    dan saya pun menghubunginya..?? Berkat bantuan aki balapati yang
    telah memberikan anka “GHOIB” nya 4D dan alhamdulillah itu
    ternyata terbukti. lagi…sekarang anak saya bisa lanjut sekolah lagi
    itu semua atas berkat bantuan aki balapati,bagi anda yang penggemar togel
    ingin merubah nasib melalui angka2 goip yang di jamin 100% kemenangan hbg aki balapati
    di nmr;_0_8_5_3_9_2_3_3_2_8_8_8_, ini bukti nyata bukan rekayasa,mana ada
    kemenangan tanpa keberanian dan kejujuran,saatnya kita perlu bukti
    bukan sekedar janji2, Sudah banyak pranormal di internet yang saya hubungi tidak ada satu pun yang membawakan Hasil malah hutan tambah numpuk..
    hanya aki balapati yang bisa menjamin 100% kesuksesan,
    anda perlu bukti hbg sekarang aki balapati nya,terima kasih










































    Assalamuaikum..!!!
    Kami sekeluarga mengucapkan banyak terimakasih
    kepada aki balapati atas bantuannya saya menang togel
    yang 3x nya ,pekerjaan saya sehari-harinya cuma menjual mainan
    yang pendapatannya tidak seberapa,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup
    apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya….
    suatu hari saya tidak sengaja mendengar pembicaraan teman saya mengenai
    prediksi aki balapati yang katanya bisa mengeluarkan
    angka togel yang di jamin tembus,akhirnya
    saya bertanya kepada teman saya, dan teman saya memberikan nomor aki balapati
    dan saya pun menghubunginya..?? Berkat bantuan aki balapati yang
    telah memberikan anka “GHOIB” nya 4D dan alhamdulillah itu
    ternyata terbukti. lagi…sekarang anak saya bisa lanjut sekolah lagi
    itu semua atas berkat bantuan aki balapati,bagi anda yang penggemar togel
    ingin merubah nasib melalui angka2 goip yang di jamin 100% kemenangan hbg aki balapati
    di nmr;_0_8_5_3_9_2_3_3_2_8_8_8_, ini bukti nyata bukan rekayasa,mana ada
    kemenangan tanpa keberanian dan kejujuran,saatnya kita perlu bukti
    bukan sekedar janji2, Sudah banyak pranormal di internet yang saya hubungi tidak ada satu pun yang membawakan Hasil malah hutan tambah numpuk..
    hanya aki balapati yang bisa menjamin 100% kesuksesan,
    anda perlu bukti hbg sekarang aki balapati nya,terima kasih






















































    BalasHapus
  7. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah elmu.

    Gema Parfum
    Memilih Parfum Sesuai Zodiak


    --------------

    BalasHapus
  8. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    BalasHapus
  9. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan terima kasih banyak kepada KI DEWO atas nomor togel toto magnum yang Aki
    berikan 4 angka tadi hari minggu 11 - 12-2016 (3892) alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus KI DEWO
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utang2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga di BANK BRI dan bukan hanya itu KY saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan Aki..
    sekali lagi makasih banyak ya KI DEWO… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI DEWO di no
    ((( +62852-9527-1555 )))
    Dan anda bisa seperti saya…menang togel 750
    juta, wassalam…http://bocoranlive4d5d6dtotomalaysia.blogspot.co.id/2016/12/jackpot-toto-4d-5d-6dtoto-malaysiatoto.html

    BalasHapus
  10. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan terima kasih banyak kepada KI DEWO atas nomor togel toto magnum yang Aki
    berikan 4 angka tadi hari minggu 11 - 12-2016 (3892) alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus KI DEWO
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utang2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga di BANK BRI dan bukan hanya itu KY saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan Aki..
    sekali lagi makasih banyak ya KI DEWO… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI DEWO di no
    ((( +62852-9527-1555 )))
    Dan anda bisa seperti saya…menang togel 750
    juta, wassalam…http://bocoranlive4d5d6dtotomalaysia.blogspot.co.id/2016/12/jackpot-toto-4d-5d-6dtoto-malaysiatoto.html

    BalasHapus
  11. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan terima kasih banyak kepada KI DEWO atas nomor togel toto magnum yang Aki
    berikan 4 angka tadi hari minggu 11 - 12-2016 (3892) alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus KI DEWO
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utang2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga di BANK BRI dan bukan hanya itu KY saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan Aki..
    sekali lagi makasih banyak ya KI DEWO… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI DEWO di no
    ((( +62852-9527-1555 )))
    Dan anda bisa seperti saya…menang togel 750
    juta, wassalam…http://bocoranlive4d5d6dtotomalaysia.blogspot.co.id/2016/12/jackpot-toto-4d-5d-6dtoto-malaysiatoto.html

    BalasHapus
  12. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan terima kasih banyak kepada KI DEWO atas nomor togel toto magnum yang Aki
    berikan 4 angka tadi hari minggu 11-12-2016 (3892) alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus KI DEWO
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utang2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga di BANK BRI dan bukan hanya itu KY saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan Aki..
    sekali lagi makasih banyak ya KI DEWO… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI DEWO di no
    ((( +62852-9527-1555 )))
    Dan anda bisa seperti saya…menang togel 750
    juta, wassalam…http://bocoranlive4d5d6dtotomalaysia.blogspot.co.id/2016/12/jackpot-toto-4d-5d-6dtoto-malaysiatoto.html

    BalasHapus

  13. Pengakuan tulus dari Saya: Fatimah TKI kerja diMalaysia

    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada MBAH DEWA, saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun diMalaysia,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya mbah ini, juga sudah lama mendengar nama besar MBAH,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran 4478 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan,angka yg diberi aki 4478 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar diMalaysia, tidak ada ongkos pulang,terus beliau bantu kasih angka 4478 setelah saya bantu mahar yg dibutuhkan.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan Kemarin, ternyata tembuss….!!!
    dapat BLT 250jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH DEWA, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat mbah,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik MBAH.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    YANG MAU SEPERTI SAYA HUB:MBAH DEWA DI:082 316 555 388
    ATAU KUNJUNGI SITUS BELIAU KLIK=> BOCORAN TOGEL HARI INI

    Yang punya room salam jackpot...

    BalasHapus
  14. Dulu saya sangat kesusahan dalam perekonomian, usaha bangkrut dan terlilit hutang, hampir setiap hari rentenir
    datang bergantian menagih hutangnya pada saya. Berbagai usaha saya lakukan, belum juga terlunasi,
    rasanya sudah tak ada lagi jalannya. Akhirnya saya mendapatkan jalan dan solusi yang tepat di blog ini dan
    tanpa pikir panjang saya langsung mentransfer uang Rp. 1.750.000 karna dengan mahar tersebut bisa
    memperoleh pinjaman dana hibah 1 milyar,- karena memang hutang-hutang saya hampir mencapai 1 milyar
    Awalnya saya tidak yakin, namun 1 jam setelah saya melakukan transfer tersebut, saya kembali ke E-Mail
    saya ternyata di E-Mail tersebut berisi pemberitahuan bahwa proses ritual untuk saya sudah berhasil.
    Tanpa rasa sabar saya langsung ke ATM untuk mencek kebenarannya. Ternyata Saldo Rekening Saya bertambah.
    Saya kembali ke E-Mail saya dan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada AKI SURYA KALIJAGA YG MINAT hub lansung di no 0852 8016 7538 atau KLIK DI SINI yang
    telah membantu saya menyelesaikan hutang-hutang saya.

    BalasHapus
  15. Festival Poker 2019 POKERV1TA adalah situs dengan berbagai jenis permainan online yang membawa hiburan dan kesenangan bersama. Menyediakan berbagai permainan yang dapat dimainkan dalam 1 user ID :

    *ADU Q
    *BANDAR POKER
    *BANDAR Q
    *CAPSA SUSUN
    *DOMINO 99
    *POKER ONLINE
    *SAKONG
    *BANDAR 66 (NEW)

    Fasilitas yang ditawarkan untuk para penggemar judi online adalah :
    * Minimal Deposit : 10.000
    * Minimal Withdraw : 25.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15% Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus CashBack 0.3%

    Contact us :
    WA: 0812.2222.996
    BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  16. Kasir4D Agen Togel Bandar Togel Dan Casino Online Terpercaya

    Menghadirkan pasaran togel resmi dan games casino online yang seru yang dapat anda bermain di dalam nya dengan kenyamanan dan keamanan yang sangat terjamin

    Bonus dan discount menarik yang menanti anda di Kasir4D
    Bonus Cashback 5% Up 15%
    Bonus Refferal 2% Setiap harinya
    Dan Masih Banyak Bonus Menarik Lainnya Menanti Anda

    Jadwal Tutup Pasaran Togel :
    Pasaran Sydney
    Tutup : 12.20 WIB & Buka : 14.00 WIB
    Pasaran Singapore2:58 PM 4/3/2019
    Tutup : 17.20 WIB & Buka : 17.45 WIB
    Pasaran Hongkong
    Tutup : 22.05 WIB & Buka : 23.00 WIB

    Kunjungi :
    Webiste : Kasir4D
    BBM : DBE662DF
    What's App : +855974247219
    Facebook : Kasir4D
    Twitter : Kasir4D
    Prediksi : PREDIKSI TOGEL
    Blog : Kasir4D

    Situs - situs Games Recommed Terbaik Dan Terbesar
    Agen Domino99
    Agen BandarQ
    Agen Poker Online
    Agen Togel Online
    Casino Online

    BalasHapus

Feng Shui Bintang Terbang

Ramal Jodoh

Kelahiran Anda

Petunjuk Zodiak

Chinese Calendar

Numerologi

KONTAK PENULIS

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):

Alamat IP Anda

IP