Pengumuman


Bila tulisan yang Anda cari tidak ada di sini, silakan kunjungi santai2008.wordpress.com

Senin, 23 Februari 2009

Gagasan Dasar Astrologi


Astrologi merupakan jenis ilmu yang mudah dan menyenangkan untuk sedikit dipelajari tetapi biasanya membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk benar-benar dikuasai.

Kebanyakan orang hanya mengenal aspek yang paling umum dari astrologi, yaitu tanda zodiak atau "tanda bintang" mereka, dan biasanya mereka dapat menyebutkan setidak-tidaknya satu atau dua sifat dari tanda tersebut. Tanda bintang sangat populer di majalah, koran dan tabloid. Kini di banyak negara anda bahkan dapat menelepon untuk mengetahui keberuntungan anda menurut tanda bintang anda sendiri. Sayang sekali, sering dianggap bahwa tanda bintang dan ramalan-ramalan tabloid yang meragukan justru adalah satu-satunya manfaat yang dapat diperoleh dari ilmu purba ini. Saya berharap dapat menunjukkan pada anda dalam seri artikel ini bahwa astrologi yang sesungguhnya di samping jauh lebih kompleks juga jauh lebih berguna dari yang selama ini anda kira.


Gagasan-gagasan Dasar

Astrologi berdasar pada pemikiran bahwa peredaran Matahari, Bulan dan planet-planet dalam tata surya kita, yang dapat dipelajari dan diperkirakan secara matematis, mencerminkan siklus-siklus lain dalam dunia kita. Jangan salah-anggap: badan-badan angkasa ini sebenarnya tidak menyebabkan terjadinya apa-apa. Melainkan, para astrolog memandangnya sebagai simbol yang mengacu pada kecenderungan, karakteristik dan peristiwa tertentu dalam kehidupan seseorang, dalam suatu bisnis, atau bahkan di dalam suatu negara secara menyeluruh.

Astrologi adalah paduan dari pengetahuan teknis dan seni interpretasi. Astrologi dapat dipelajari secara sistematis melalui guru dan buku. Lagipula, seseorang tidak harus memiliki kemampuan paranormal hanya untuk menjadi seorang astrolog yang baik. Yang diperlukannya adalah keahlian dalam memahami dan menggunakan satu set simbol yang kompleks, serta kepekaan dan imajinasi untuk menghubungkan simbol-simbol tersebut dengan kehidupan sehari-hari manusia.


Aliran-aliran Astrologi

Astrologi memiliki banyak kegunaan yang berbeda, sehingga terdapat banyak pula aliran astrologi. Beberapa astrolog mengkhususkan diri dalam Astrologi Kesehatan (bhs. Inggris, Medical Astrology), sementara yang lain menggunakan astrologi untuk menelaah gejala-gejala finansial dalam bisnis dan bursa efek (Financial Astrology). Astrologi Duniawi (Mundane Astrology) adalah tentang politik dan peristiwa dunia, sementara Astrologi Pemilihan (Electional Astrology) digunakan untuk membantu orang menemukan waktu atau hari yang tepat untuk menikah, mendirikan usaha, memulai pekerjaan baru dan lain-lain. Astrologi Pertanyaan (Horary Astrology) menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang berdasar pada saat-saat mereka muncul dalam pikiran si penanya. Walaupun demikian, di antara semua aliran astrologi yang paling populer adalah Astrologi Kelahiran (Natal Astrology), yaitu jenis astrologi yang menganalisa kepribadian dan potensi kehidupan seseorang berdasar pada tanggal, waktu dan tempat kelahiran. Cabang astrologi ini telah banyak berkembang dalam lima puluh tahun terakhir, dan kini mencakup banyak ide dari psikologi analitis.


Asal-usul Astrologi

Astrologi telah dipelajari sejak dahulu kala. Astrologi moderen kita berasal dari tradisi Yunani kuno yang juga diperkenalkan di Timur Tengah dan India. Dengan kepercayaan bahwa nasib ditentukan oleh langit, masyarakat Astrolog abad ke-16Assyria, Babilonia dan Mesir semua mempunyai ahli astrologi untuk mengamati, mencatat dan meramalkan posisi bintang serta kejadian yang penting bagi kelangsungan hidup dan kemakmuran mereka. Astrolog-astrolog kuno tersebut tidak lain adalah para pendeta dan kaum terpelajar, yaitu orang-orang yang dihormati sebagai doktor dan cendekiawan.

Mulai pada abad ke-17 astrologi (yaitu studi arti bintang) dipisahkan dari astronomi (studi perpindahan dan posisi bintang-bintang). Hal ini terjadi karena beberapa alasan, baik politis maupun filosofis. Sampai beberapa ratus tahun kemudian, ilmu astrologi hampir secara keseluruhan tersingkir di dunia Barat karena dianggap "bukan ilmu" (yaitu, tidak sesuai dengan pandangan para penganut paham Newton) atau karena "melanggar agama" (yaitu, dianggap merampas kekuasaan para pendeta gereja Katolik yang ingin menjadi satu-satunya perantara pesan Tuhan kepada umat manusia). Keadaan ini mulai berubah hanya pada abad terakhir, khususnya pada tiga puluh tahun terakhir dengan munculnya minat baru tentang dunia mistis dan psikologi pribadi. Perkembangan terakhir dalam bidang fisika dan statistik bahkan telah menawarkan penjelasan ilmiah atas apa yang para astrolog -- setelah observasi selama ribuan tahun -- selalu mengakui kebenarannya: yaitu bahwa astrologi benar-benar berguna.


Dasar-dasar Filosofis Astrologi

Beberapa orang di masa lalu dan masa kini menolak penggunaan astrologi dengan alasan agama atau filosofi. Sebagai contoh, beberapa orang mengatakan bahwa tidak ada manfaatnya mencoba menduga apa yang akan terjadi pada kita, karena Tuhan telah menentukan takdir kita, dan hanya Dia yang mengetahui masa depan kita. Walaupun demikian, hal ini dan penolakan-penolakan lain hampir selalu berdasar pada salah pengertian akan bagaimana sesungguhnya astrologi dilaksanakan dan apa yang diyakini oleh para astrolog tentang alam semesta ini.

Para astrolog tidak percaya bahwa Tuhan selalu memutuskan apa yang akan terjadi pada kita. Melainkan, mereka percaya bahwa Tuhan telah menciptakan kita dengan kekuatan untuk memilih cara memanfaatkan kemampuan alami dan keadaan-keadaan disekitar kita dengan sebaik-baiknya. Kita tidak dapat mengubah latar belakang keluarga kita, suku, atau ciri-ciri fisik kita secara keseluruhan; meskipun demikian, di dalam batas-batas tertentu kita memiliki kemampuan untuk mengubah pandangan, mengembangkan (atau tidak creation.gifmengembangkan) bakat, memilih rekan-rekan kita, dan memutuskan apa yang akan kita lakukan dari hari ke hari. Beberapa orang memilih untuk hidup dengan prinsip-prinsip moral yang kuat dan ingin melakukan upaya terbaik untuk bertindak mulia dalam hidup. Orang lain memilih untuk hanya memikirkan kesenangan pribadi dan tidak terlalu perduli jika dalam mencapai tujuan telah menyakiti perasaan orang lain. Beberapa orang meninggal pada umur yang sangat tua. Beberapa orang lagi (secara sadar atau tidak) membuat pilihan yang membahayakan nyawa mereka.

Beberapa agama mengajarkan bahwa bila kita meninggal, kebaikan dan keburukan kita ditimbang untuk menentukan apakah jiwa kita akan masuk ke surga yang damai atau jatuh ke panasnya api neraka. Agama lain mengajarkan bahwa jiwa kita menjalani suatu perjalanan yang panjang dan harus melewati beberapa kehidupan sebelum dapat dipersatukan dengan Sang Pencipta. Astrologi tidak berhubungan dengan pertanyaan semacam itu. Pokoknya, para astrolog percaya bahwa, karena Tuhan telah menciptakan umat manusia maka Dia juga memberikan beberapa petunjuk untuk membantu memahami diri sendiri dalam menjalani kehidupannya. Pergerakan planet-planet dalam tata surya kita adalah satu dari bimbingan tersebut.

Astrologi tidak memprediksi segalanya tentang anda. Astrologi hanya menunjukkan kecenderungan psikis yang telah anda kembangkan sebagai hasil dari lingkungan di mana anda lahir. Kecenderungan-kecenderungan ini mendorong anda untuk bertindak dalam cara-cara tertentu, mengembangkan pola-pola berpikir tertentu, dan menaruh minat pada beberapa jenis pekerjaan, orang, hiburan, dll. Astrologi menunjukkan bakat pribadi anda selain juga pola yang menyimpang di dalam tindakan dan cara berpikir anda, yang bisa mengakibatkan masalah bagi anda jika tidak diwaspadai. Namun, astrologi tidak dapat menunjukkan apakah anda akan sukses atau gagal dalam hidup, apakah anda akan menjadi kaya atau miskin, atau akankah anda mati muda atau setelah tua. Bahkan bila para astrolog memperkirakan masa depan anda, mereka hanya dapat menentukan gambaran umum dari keadaan-keadaan yang akan muncul dan menawarkan bermacam-macam skenario berdasar pada jenis kehidupan yang telah anda jalani selama ini.

Bukanlah bintang-bintang yang menentukan keberhasilan atau kegagalan anda, melainkan cara yang anda pilih untuk menangani hidup anda. Kelebihan astrologi terletak pada kemampuannya untuk membantu anda memahami pilihan-pilihan yang ada di hadapan anda hingga anda dapat memilih untuk bertindak bijaksana.


Astrologi Populer vs Astrologi Profesional

Astrologi sebagaimana dipraktekkan secara profesional sebenarnya jauh lebih kompleks daripada kolom-kolom horoskop dalam majalah atau tabloid. Astrologi populer membagi karakter manusia menjadi 12 jenis kepribadian, yaitu Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces. Apakah anda seorang Aries atau Taurus tergantung pada lokasi Matahari di angkasa pada hari kelahiran anda. Secara teknis, hal ini dapat dilakukan dengan mengukur posisi Matahari di dalam garis bayangan di langit yang disebut zodiak, yang setiap 30 derajat bagian (12x30 derajat = 360 derajat, atau lingkaran sempurna) disebut Aries, Taurus, Gemini, dsb. Tentu saja, Matahari tidak benar-benar bergerak sama sekali, akan tetapi hanya kelihatan bergerak dikarenakan pergeseran bumi yang selama 365 hari mengelilingi Matahari.

Astrologi populer cukup digemari orang awam justru dikarenakan pergeseran Matahari dalam zodiak yang kira-kira sama cepatnya pada setiap tahun. Dengan demikian, jika Matahari berada pada bagian zodiak yang disebut Leo pada tanggal 25 Juli 1967, akan berada pada tanda yang sama pada tanggal 25 Juli 1968, dan demikian seterusnya. Dikarenakan interpretasi astrologi populer didasarkan hanya pada pergeseran Matahari di antara keduabelas tanda zodiak, astrologi populer juga disebut sebagai Astrologi Tanda Matahari (Sun Sign Astrology).

Meskipun penting, Matahari hanyalah satu faktor di antara sekian banyak badan angkasa lainnya, termasuk Bulan, planet-planet dalam tata surya (tidak termasuk bumi), sejumlah asteroida, dan beberapa faktor simbolis lain -- yang semuanya sangat berhubungan dengan tanggal, waktu dan tempat lahir seseorang sehingga mustahil dipertimbangan oleh Astrologi Tanda Matahari, alias astrologi populer. Oleh karena itu, meskipun anda lahir sebagai seorang Scorpio yang (menurut astrologi populer) berkepribadian kuat dan penuh rahasia, teman-teman anda mungkin akan melihat anda lebih seperti seorang Gemini yang cerewet. Bahkan, anda mungkin menghamburkan uang secara royal seperti seorang Leo, berpikir seperti seorang Pisces yang penuh impian, bekerja seenerjik Aries atau menangani hubungan romantis seperti seorang Capricorn. Hanya suatu analisis yang bersifat profesional mampu memperhitungkan perbedaan-perbedaan tersebut. Karena itulah layanan yang ditawarkan oleh Arkana Analisa Astrologi merupakan sumber informasi yang jauh lebih tepat dibandingkan ramalan horoskop apa saja yang dapat anda temukan di majalah, surat kabar, tabloid atau sumber lain yang handa didasarkan pada tanda Matahari anda.

(Sumber: arkana.asia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feng Shui Bintang Terbang

Ramal Jodoh

Kelahiran Anda

Petunjuk Zodiak

Chinese Calendar

Numerologi

KONTAK PENULIS

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):

Alamat IP Anda

IP