Pengumuman


Bila tulisan yang Anda cari tidak ada di sini, silakan kunjungi santai2008.wordpress.com

Senin, 23 Februari 2009

Peta Kelahiran dalam Astrologi


Segala macam penafsiran astrologi dimulai dengan diagram langit untuk waktu dan lokasi yang tepat dari permulaan suatu peristiwa. Jika peristiwa tersebut adalah kelahiran seseorang, diagramnya disebut Bagan Kelahiran atau Peta Kelahiran. Bagi seseorang yang telah dilatih untuk membacanya, diagram ini menggambarkan secara luas perjalanan hidup yang telah ditetapkan bagi kita, juga bakat-bakat yang kita miliki serta beberapa jenis tantangan yang harus kita hadapi jika kita ingin meraih keberhasilan dalam hidup.

Meskipun suatu peta kelahiran seperti contoh yang ditunjukkan di bawah terlihat cukup memusingkan bagi seorang pemula, rancangan dasarnya cukup mudah untuk dimengerti hanya dengan sedikit bantuan. Seperti yang dijelaskan di atas, peta kelahiran adalah gambar langit yang menunjukkan posisi planet-planet tepat pada saat kelahiran seseorang sebagaimana mereka terlihat dari tempat di bumi dimana orang tersebut lahir. Bayangkan anda berdiri pada pusat diagram, menghadap ke selatan. Ufuk timur ada di sebelah kiri anda, dan ufuk barat di sebelah kanan. Di bawah garis ini adalah bagian dari langit yang tidak dapat anda lihat:


Gambar Peta Kelahiran


Angkasa dibagi menjadi dua belas bagian yang disebut Rumah. Dikarenakan rotasi Bumi pada porosnya, Matahari, Bulan dan planet-planet terbit dari Timur pada batas Rumah 1 dan 12. Kemudian mereka melintas melalui Rumah 11, 10, 9, dan 8, dan akhirnya tenggelam di Barat pada batas Rumah 7 dan 6. Setiap Rumah mewakili suatu bagian penting dari hidup kita. Seorang astrolog melihat pada Rumah 1 untuk mempelajari kepribadian dan penampilan seseorang, Rumah 2 untuk mengetahui tentang uang dan benda-benda materi, dan seterusnya.

Tersebar di sekeliling lingkaran luar roda ini adalah simbol-simbol yang menunjukkan lokasi planet-planet (agar lebih mudah, para astrolog menganggap Matahari dan Bulan sebagai planet meskipun secara teknis bukan planet). Dalam diagram di atas kita dapat melihat bahwa Bulan baru saja melintasi Belahan Langit Atas, dan Jupiter berada di sebelah kanannya. Oleh karena saat ini mendekati tengah malam, simbol bagi Matahari (suatu lingkaran berwarna kuning dengan titik ditengahnya) terletak di Rumah 4 pada bagian bawah peta di dekat Belahan Langit Bawah. Planet-planet dalam peta kelahiran melambangkan dorongan atau kebutuhan tertentu yang dimiliki semua orang. Mars mewakili cara kita bertindak, Venus mewakili cara kita mengekspresikan asmara, Merkurius mewakili cara berpikir kita, dsb. Anda dapat membaca lebih banyak tentang dorongan-dorongan yang diwakili oleh planet-planet tersebut dalam pelajaran mengenai Simbolisme Planet-planet.

Letak Matahari, Bulan dan planet-planet dalam rumah-rumah peta kelahiran tergantung pada rotasi harian Bumi. Seperti disebutkan di atas, gerakan diurnal ini membuat planet-planet terbit di Timur dan tenggelam di Barat. Meskipun demikian, planet-planet beredar secara tetap di sekeliling Matahari, sedangkan Bulan berputar mengelilingi Bumi dan Bumi sendiri selalu bergerak mengelilingi Matahari - semuanya dalam kecepatan yang berbeda-beda. Hal ini berarti posisi Matahari, Bulan dan planet-planet dalam latar belakang rasi bintang juga selalu berubah. Untuk mengukur pergeseran tersebut, para astrolog menandai posisi planet-planet dalam sabuk bayangan di langit yang melingkari Bumi, yang disebut Zodiak. Zodiak terbagi dalam 12 bagian yang masing-masing bersudut 30 derajat (12 x 30 derajat = 360 derajat, atau sebuah lingkaran yang sempurna). Bagian-bagian itu dinamakan Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces. Dalam peta kelahiran di atas, anda akan melihat bahwa setiap posisi planet dalam zodiak ditandai dengan menggunakan satu set simbol yang khusus.

Tanda zodiak ibarat jendela kaca berwarna yang memodifikasi energi dasar dari suatu planet selama planet tersebut bergerak melintasinya. Dengan cara inilah tanda zodiak menunjukkan pada seorang astrolog bagaimana dorongan yang diwakili oleh suatu planet akan diekspresikan dalam kehidupan seseorang. Sebagai contoh: Mars menunjukkan gaya kita dalam bertindak serta cara kita dalam mengekspresikan kemarahan. Jika Mars berada dalam tanda zodiak Aries, maka kita akan bertindak secara enerjik, spontan dan terkadang gegabah. Kita mungkin saja mudah tersinggung, tetapi juga mudah melupakan penyebabnya. Namun, andaikata Mars ada dalam Scorpio, maka kita akan cenderung merencanakan segala tindakan kita dengan hati-hati, dan akan benar-benar gigih dalam meraih apa yang kita cita-citakan. Mungkin kita tidak akan mudah marah, akan tetapi jika kita marah tidak akan mudah melupakan penyebabnya atau memaafkan orang yang melukai perasaan kita. Anda dapat membaca lebih banyak tentang pengaruh tanda-tanda tersebut dalam pelajaran Tanda Zodiak.

Pada pusat peta kelahiran yang ditunjukkan di atas anda akan melihat suatu jalinan garis yang agak membingungkan disertai beberapa simbol aneh lainnya. Garis-garis dan simbol itu digunakan untuk menandai dua planet yang terletak pada jarak tertentu satu dengan yang lain. Garis merah, misalnya, menunjukkan planet-planet yang berjarak sekitar 120 derajat; garis hijau menghubungkan planet-planet yang terpisah sekitar 60 derajat. Garis-garis tersebut menghubungkan planet-planet yang selalu berfungsi secara bersamaan. Sebagai contoh, jika Merkurius (cara berpikir) dihubungkan dengan Mars (cara bertindak), maka jika kita memiliki suatu gagasan (Merkurius) kita akan benar-benar terdorong untuk berusaha mewujudkannya (Mars). Pikiran kita (Merkurius) juga akan menjadi sangat aktif (Mars). Dan jika kita marah kepada seseorang (Mars) kita akan ingin mengatakannya (Merkurius). Akankah hal tersebut mengakibatkan masalah atau tidak tergantung pada jenis sudut di antara planet-planet. Anda dapat membaca lebih banyak lagi tentang sudut-sudut istimewa ini dalam pelajaran Aspek.

(Sumber: arkana.asia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feng Shui Bintang Terbang

Ramal Jodoh

Kelahiran Anda

Petunjuk Zodiak

Chinese Calendar

Numerologi

KONTAK PENULIS

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):

Alamat IP Anda

IP